Rabu, 18 September 2019

Cara mudah hindari Batu ginjal -2



Apa hubungannya dengan fungsi Ginjal ? 

Dalam TCM –Akupuntur  , Ginjal menurut 5 unsur  dilambangkan dengan air ,  berfungsi sebagai pengatur air ,Ginjal adalah Gerbang Air  yang dapat terbuka dan tertutup dalam mengendalikan cairan tubuh.
Keseimbangan Yin dan Yang  Ginjal , menghasilkan pengaturan buka tutup yang sistematis yang tepat , air urine akan menjadi normal didalam jumlah dan warna, dalam keadaan defisiensi ginjal akan terjadi ketidak seimbangan Yin  dan Yang dan kemacetan gerbang air .
Ia akan terlalu terbuka bila kekurangan Yang Ginjal , menyebabkan terlalu banyak mengeluarkan air urine  dan warnanya menjadi pucat , artinya terlalu banyak Yin.
Sebaliknya Ia akan terlalu tertutup bila kekurangan Yin Ginjal , yang menyebabkan pengeluaran urine terlalu sedikit  dan warnanya agak gelap , artinya teralalu banya Yang.
Dalam bahasa medis Ginjal  berfungsi mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit didalam tubuh, dengan mekanisme fisiologis mempertahankan Zat-zat yang dibutuhkan dan mengeluarkan Zat-zat yang berlebih , dengan juga mempertahankan Natrium dan Kalium , Re-absorsi berbagai partikel elektrolit , asam amino , glukosa dan keseimbangan asam-basa .

Kekurangan cairan tubuh akan berdampak langsung kepada fungsi Ginjal , yang tentunya akan kami bahas tersendiri dalam artikel fungsi Ginjal.


Batu Ginjal
Kaitan secara khusus akan terjadinya Batu ginjal ,yaitu ketika urin terbentuk menjadi sangat kental ,sehingga mineral dan berbagai senyawa didalam urin membentuk endapan Kristal ,di bagian dalam ginjal .

Kalau kita banyak minum dan makan buah-buah yang mengandung air ,maka sebagian besar endapan itu umumnya keluar secara alami bersama urin yang keluar (buang air kecil).

Namun bila kita kurang minum ,maka urin menjadi kental  endapan yang terbentuk semakin banyak ,menumpuk , membesar dan mengeras .

Memang benar ada juga penyebab lain , seperti keturunan ,banyak berkeringat ,kurang olah raga dan pola makan tidak sehat , namun penyebab terbesar adalah kekurangan cairan.

Diam kurang banyak bergerak ,menyebabkan tulang mengeluarkan lebih banyak kalsium ke dalam darah ,lalu beredar sampai ke ginjal. Kelebihan vitamin C ,kekurangan Viamin B6  berikut  penyakit asam urat diduga dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Pola makanpun haruslah teratur sesuai pedoman pola makan sehat , masalah Gizi saat ini adalah masalah ukuran kebutuhan kalori yang cukup . Beberapa kandungan bila terlalu berlebihan , justru akan menyebabkan terjadinya ganguan kesehatan ,seperti :  terlalu banyak protein hewani  dari daging sapi ,ayam ,ikan dan kambing dapat menjadi salah satu penyebab batu ginjal.


Makanan lainnya adalah : kacang , coklat , dan sayuran yang berwarna hijau gelap , intinya  kandungan makanan ini dapat bergabung dengan infeksi saluran kemih yang terjadi sebelumnya .    




penulis josef dan dr.Meinar - pengelola blog ini
Dapat dibeli Rp.65.000,- (bebas ongkir Jabodetabek),WA: 081806545535

kandungan makanan ini dapat bergabung dengan infeksi saluran kemih yang terjadi sebelumnya .

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus