Senin, 28 Mei 2018

FA sebagai penyebab gagal Jantung dan Stroke




FA (Fibrilasi Atrium) adalah kelainan irama jantung , seperti detak jantung yang tidak seperti biasanya (regular) .

Membuka istilah dari kamus kedokteraan , arti Fibrilation = keadaan pada selaput atau filamen yang sangat kecil ,otot syaraf yang kecil mengalami konstraksi akibat aktivasi spontan , persyarafan yang rusak karena operasi ,perubahan degeneratif awal pada osteoarthritis, perlunakan kartigo articular dan terciptanya celah vertical diantara kelompok sel artilago.

Atrium sendiri adalah :
Ruangan (anatomi tubuh) yang memberikan jalan masuk pada struktur lain /organ.Terutama pada kavitas bagian atas ,pada salah satu sisi jantung.
Sehingga dapat disimpulkan kelainan irama jantung ini disebabkan terganggunya aliran darah jantung dari vena ,karena gangguan otot persyarafan pada jantung.

Bagi masyarakat umum saat ini diharapkan dapat memulai mengenali agar dapat lebih dimengerti bahwa FA adalah salah satu penyakit kardiovaskuler  , yang dapat menyebabkan gagal Jantung dan stroke .

Dengan mewaspadai sedini mungkin , terutama bila mengalami gejala- gejala sebagai berikut :
a.       cepat lelah
b.      irama jantung tidak teratur
c.       sesak napas
d.      nyeri pada dada
e.       dada tertekan
f.       pusing
g.      pusing dengan rasa mengambang
h.      pusing berputar (seperti vertigo)
i.        kencing semakin sering
j.        sulit berkonsentrasi mengerjakan sesuatu
k.      Susah tidur (insomnia)
a.       Tekanan darah tinggi
b.      Kram jantung

Dengan bertambahnya usia , semakin kita harus meningkatkan kewaspadaan , terutama pada usia 40-60 tahun , menurut data ada sekitar 2 % yang mengalami FA , kemudian 15-40 % terjadi pada usia 80 keatas, berdasarkan hal itu FA dapat digolongkan sebagai “ Aging Disease” .

Penderita FA memiliki resiko 5 X lebih ^ (tinggi) , dari pada orang tanpa FA , di Indonesia ternyata lebih banyak terjadi pada usia produktif  dibawah 60 tahun , dikarenakan kurang memahami gejala FA , sehingga terlambat untuk mendapat pertolongan pencegahan  medis, dan umumnya sudah terjadi “Stroke “ , setelah melalui pemeriksaan medis ,barulah diketahui ,  FA  adalah  penyebabnya .

Menurut pengamatan khusus dapat juga diindikasikan , bahwa suatu kelainan irama jantung terjadi karena gerakan (irama) listrik jantung yang terganggu , dimana sumber listrik yang mana harusnya hanya satu , tiba-tiba menjadi banyak  diserambi kiri , yang kemudian menyebabkan  Impuls jantung tidak teratur , lebih jauh akan mengakibatkan “ Irregularitas Laju Jantung” seperti menjadi : Lebihcepat , atau Lebih lambat  , darah jantung pada serambi kiri akan mengalami Stasis , seperti : berputar-putar dan mengalami kelambatan, hal ini mengarah kepada terjadinya penggumpalan darah , gumpalan dari yang keluar dari jantung ,lalu sampai kepada pembuluh otak  adalah penyebab terjadinya Stroke.


Dalam dunia Akupuntur , peristiwa  kelistrikan tubuh  diartikan sebagai Energy (Qi=Chi) dan kesimbangan Yin-yang didalam tubuh , terganggunya Qi dan keseimbangan Yin-Yang akan mengakibatkan bermacam-macam ganguan penyakit pada tubuh , termasuk juga ganguan pada jantung.

Maka secara sederhana sebelum ganguan kesehatan jantung terjadi ,manusia dapat membiasakan diri untuk melatih kestabilan Qi tubuh , terutama jantung tetap didalam keadaan cukup dan seimbang , akupuntur menerapkannya yaitu dengan menekan beberapa titik meridian secara rutin dan teratur akan menjaga kelancaran peredaran darah kejantung , yaitu seperti berikut ini :

1.      Tekan titik Hegu (LI 4)   sebanyak 32 X , dengan cara tekan- lepas, tekan-lepas .
2.      Tekan titik Neiguan (PC 6) , sebanyak 32 X , dengan cara tekan-lepas, tekan lepas
3.      Tekan titik Zusanli ( ST 36), sebanyak 32 X , dengan cara tekan-lepas, tekan-lepas

Tiap hari minimal  lakukan 1X   , atau  2X pagi dan sore , niscaya kesehatan anda akan terbantukan , menjadi lebih sehat dan bersemangat.


Titik lain yang sering digunakan adalah titik sentral  Shenmen (HT 7) , dari titik ini akan menyebar Qi keseluruh /sepanjang meridian jantung , titik ini mendatangkan khasiat : menenangkan , menghilangkan api jantung , mengatur peredaran energy jantung , melancarkan peredaran darah jantung.

Saat irama jantung tidak teratur , seperti berdebar-debar , dapat juga diambil titik Jianshi (PC 5) , 3 cun (empat jari) diatas pergelangan tangan sebelah dalam diantara dua urat , titik Shaohai (HT 3) ,letaknya diujung lipatan siku sebelah dalam , fungsinya mengatur peredaran energy (Qi) jantung, membersihkan selaput jantung.





Demikianlah beberapa yang sangat mudah dan murah bila dilakukan dengan tertib , teratur akan mendatangkan kesehatan jantung yang prima , tak perlu lagi kuatir melakukan  pencegahan yang 
sulit dan mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar