Rabu, 16 Mei 2018

Akupuntur Induksi Persalinan 2



Akupuntur
Menurut Akupuntur  didalam mengatur kelahiran ,pertumbuhan dan reproduksi ,adalah tugas organ Ginjal , maka perlulah dijaga  faktor kesimbangan pada energy (Qi)  ginjal ,selain keseimbangan Yin dan Yang Ginjal. Namun teori medis TCM memandang bahwa  organ Ginjal tidak mempunyai pola kelebihan , tetapi hanya pola kekurangan.

Jadi jelas bagi kelainan pada kehamilan , disebabkan oleh Pola kekurangan pada organ Ginjal , dengan memperbaiki pola kekurangan diharapkan kehamilan menjadi normal kembali.

Menggunakan  Akupuntur disaat  umur kehamilan telah melampaui batas normal , sangat tidak efektif seperti memanggil pemadam kebakaran saat terjadi kebakaran.

Perawatan kehamilan haruslah dimulai sejak dini , disaat umur kehamilan muda , dengan Akupuntur  si Ibu mendapat manfaat untuk tidak mengalami stress , ada lebih banyak waktu bagi Akupuntur memperbaiki kesimbangan  energy di tubuhnya , memperbaiki pola-pola kekurangan ,memperbaiki emosi-emosi yang meningkat , emosi-emosi akan ketakutan , kecemasan akan kehamilan dll.

Pola kekurangan Ginjal dapat terjadi pada  Yin atau Yang , Yin dan Yang Ginjal merupakan fondasi organ lainnya seperti :

a.       Yin Ginjal adalah fondasi untuk Yin Lever dan Yin Jantung
b.      Yang Ginjal adalah fondasi untuk Yang Limpa dan Yang Paru-paru
Dengan demikian harmonisasi beberapa organ yang saling terkait ini ,akan menjamin kehamilan menjadi sehat dalam pertumbuhannya sampai kelahirannya (partus).

Kalau Ginjal orang tuanya kuat maka ginjal Janinnya juga akan kuat ,sebaliknya kalau ginjal si ibu lemah maka lemah pula ginjal  janinnya. Ingatlah emosi-emosi yang berkaitan dengan ginjal adalah ketakutan , kecemasan , stress , depresi  mengakibatkan Qi ginjal mengalami kemerosotan (turun) yang akan berakibat juga pada kelemahan ginjal sang janin. Atau sangat sering justru Qi ginjal malah naik , menyebabkan  Api ginjal kosong (kekurangan Yang) itupun dapat menjadi kelemahan yang menyerang Janin (seperti kegelisahan mental ).

Titik Sanyinjiao (SP 6) sering digunakan untuk menstimulasi peningkatan sekresi Prostaglandin (PG) yang berfungsi meningkatkan pematangan Serviks dan pelepasan Oksitosin sentral ,guna merangsang kontraksi uterus untuk kemajuan proses persalinan.

Melalui komponen stimulasi saraf akupuntur dapat meningkatkan kontraksi uterus ,baik dengan pelepasan oksitosin sentral maupun dengan stimulasi saraf parasimpatis, mempengaruhi faktor lokal – interleukin-8 dan prostaglandin.

Titik BL 67 Zhiyin , berguna untuk merangsang kontraksi Rahim dan mengurangi durasi persalinan.
Titik BL 32 Ciliao akan mempengaruhi saraf otonom parasimpatis dalam merangsang eksitasi uterus.


Titik LI 4 Hegu  berguna  meningkatkan sekresi beta-endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kontraksi uterus bagi kemajuan persalinan.


Dan masih banyak lagi komponen akupuntur yang dapat dimanfaatkan secara bersama dalam penanganan tindakan medis kedokteraan , apalagi bila perawatan dimulai sejak dini ,maka diharapkan lebih banyak ibu-ibu mengalami kehamilan yang sehat dan teratur sesuai waktu perkiraan normal.


Tujuan tulisan ini adalah memajukan Akupuntur sebagai tehnik pengobatan pendamping bagi oprasional medis kedokteraan , yang secara bersama-sama dapat mencapai kemajuan dalam dunia kesehatan (Sumber :Medika /05/2015).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar