Sabtu, 07 Juli 2018

Adrenal Fatique 1




Adrenal fatique adalah sekumpulan gejala non spesifik, seperti  “ keletihan , kelelahan,kegugupan,kegelisahan ,ganguan tidur ,masalah pencernaan dan sakit,pegal,linu di seluruh tubuh.
Tinjauan seringkali dibahas pada buku kesehatan popular dan bacaan alternative websites pengobatan ,tetapi istilah ini tidak ada di dunia kedokteran ,bukan suatu diagnosis medical yang diakui.
Kelenjar adrenal (letaknya dekat ginjal) menghasilkan bermacam-macm hormon yang penting untuk kehidupan .Kelemahan kelenjar Adrenal (Adrenal insufficiency/penyakit Addison) lebih menunjukan kepada ketidak mampuan memproduksi salah satu atau beberapa hormon , sebagai akibatnya menciptakan dasar ketidak stabilan yang memicu timbulnya penyakit. Dan didalam istilah Akupuntur itu adalah infisiensi Qi (energy).
Tanda dan gejala pada kelemahan kelenjar adrenal, meliputi :
·         keletihan
·         sakit,linu,pegal-pegal  ditubuh
·         kehilangan berat badan,tanpa sebab yang dapat dijelaskan
·         tekanan darah rendah
·         kehilangan sinar muka/kusam-muram
·         krontokan rambut
·         kulit menjadi tidak sehat /kusam

Kelemahan kelenjar Adrenal dapat didiagnosa melalui test darah dan test khusus stimulasi yang akan memperlihatkan tingkat kelemahan hormon hasil  andrenal .
Penulusuran dari keluhan adrenal fatique kemungkinan karena kelemahan kelenjar Adrenal yang disebabkan oleh  Stress kronis.
Adrenal fatique  dikenal juga dengan istilah  Hypo-adrenia , yang dapat terjadi pada hampir setiap manusia , Stress kronis dan gaya hidup tidak sehat ,akan mempengaruhi juga kemampuan seseorang untuk dapat memulihkan tubuhnya baik secara fisik maupun mental emosional.,
Gejala adrenal ini dapat meniru sejumlah gangguan dan tidak selalu mudah untu dikenali secara jelas , sebagian besar peneliti menyimpulkan  gejala kelelahan adrenal sebagai :
Kelelahan ekstrim,gangguan konsentrasi,kenaikan berat badan,resistensi insulin dst , melalui tes air liur ,terbukti  bahwa kadar kortisol meningkat tinggi yang dikaitkan dengan penurunan fungsi kekebalan tubuh (imun), meningkatnya tekanan darah ,meningkatnya denyut jantung dan pada anak-anak tertundanya pertumbuhan tubuh.
Tingkat stress yang terus-menerus akan menyebabkan keadaan “tidak konsistennya tingkat kortisol” didalam darah , terkadang kurang , terkadang jauh diatas normal ,inilah yang sering disebut  sebagai “ ketidak seimbangan” didalam Akupuntur.
Ketidak seimbangan ini akan mempengaruhi keadaan sehari-hari , seperti saat bangun tidur pagi hari , tubuh baru mau aktif  saat , diguyur kafein dalam jumlah significan  (kebiasaan minum kopi ) ,tubuh terasa segar dan giat terus ,awalnya ada dorongan energy besar ,tapi kemudian tingat energy akan menurun terus dimulai jam 14.00  , dan akan naik sekitar menjelang pukul 18.00 ,sampai kemudian jatuh lagi pada jam 21.00 ,akhirnya naik lagi mencapai puncaknya jam 23.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar