Selasa, 29 Agustus 2017

5 Langkah menurunkan demam



Ada jenis seri penyakit yang umumnya sering dialami oleh manusia ,yang disebut penyakit sehari-hari , apakah itu ? 
yaitu ; low fever ( demam ringan –flu ringan ) , Batuk , edema (bengkak) , insomnia , Anorexia (kurus -takut gemuk , takut   makan) , diare , konstipasi , debaran jantung yang cepat karena ketakutan ,Hypodynamia -kelemahan tubuh (kekuatan berkurang secara abnormal) ,Polyhidrosis- keringat berlebihan .

Setelah melalui suatu batas pemulihan , beberapa penyakit mungkin dapat pergi segera , tetapi beberapa yang lain akan tinggal menetap untuk waktu yang lama , apa penyebabnya ?

Dalam Akupuntur menandai bahwa sebagian besar dikarenakan  Defisiensi Qi atau terganggunya kesehatan Qi (energy) tubuh , masih ada sisa faktor patogen  atau  serangan yang berulang dari faktor patogen.

Berhubungan dengan itu ada beberapa metode yang dapat diterapkan untuk memperkuat kembali kesehatan Qi dan mempersempit factor sisa-sisa patogen pada basis gejala kelainannya.

Sebagai contoh akan dibahas hanya pada beberapa penyakit saja , seperti misalnya yang pertama adalah:

Low Fever

Demam yang berada dibawah 38 derajat celcius , adalah demam yang terjadi umumnya pada gejala setelah pemulihan  dari  penyakit demam.

Low fever ini seringkali menetap berlama-lama dan berkepanjangan , lalu akan menguras banyak energy (Qi) dan vitalitas. 

Yang dimanifestasikan pada beberapa tingkatan kelemahan tubuh  dan physikologi ,seperti ganguan mental (tubuh layu-lemah) , kurang selera makan , denyut nadi lemah.

Gejala diferensiasi dan perawatannya

Ini lah yang paling terlihat pada penyakit demam pada tingkat lanjut , dengan manifestasi dari demam berat yang terjadi pada sore hari dan malam hari . 

Ciri-ciri lainnya : Telapak tangan terasa panas , disporia (ketidak tenangan, ketidak nyamanan , depresi , gelisah dll) , keringat pada malam hari , tidur yang digangu mimpi , mulut kering dan tenggorokan kering, lidah merah dan kering , nadi cepat  dst.

Disarankan untuk cepat-cepat meremajakan (memulihkan)  Yin dan membuang panas , membuang sisa-sisa panas dan kekeringan pada tenggorokan , memulihkan lambung bagi yang kehilangan nafsu makan.

Dan memilih titik akuuntur sebagai berikut :

Untuk demam tanpa keringat

Dazhui (DU 14) , Quchi (LI 11) , Hegu ( LI 4) , Chengguang (BL 6) dan Wangu (SI 4)





Untuk demam berkeringat

Tambahkan Fuliu (KI 7) , Taixi (KI 3)



Bila ada kegelisahan , tambahkan  Yintang (EX HN 3) dan Shemmen (HT 7)



Demam dan tidak sadar (pingsan)


Tambahkan Renxhong (DU 26) dan Shixuan (EX UE 11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar