Rabu, 12 Juli 2017

Atasi Fibromyalgia dengan Akupresur


Mengatasi  FMS dengan Akupresur

FMS  adalah singkatan dari Fibromyalgia Syndrom  , yang  mana adalah suatu ganguan otot   pada tubuh manusia , penderita akan merasakan badannya pegal dan linu dibeberapa bagian tubuhnya , bahkan mungkin diikuti rasa sakit dan nyeri  .

Pada beberapa kasus penderita merasa sangat sensitive apabila  disentuh kulitnya pada bagian tubuh yang menderita akan terasa nyeri sekali.

Adakalanya gejalanya hampir sama dengan chikunguya , yaitu tubuh menjadi lemah dan nyeri otot di sekujur tubuhnya.

Kesimpulannya FMS adalah gejala pegal-pegal,linu atau sakit pada otot seluruh tubuh  , ditambah lagi pada bagian tertentu mengalami sensitivitas yang tinggi , sakit bila disentuh .

Bagian-bagian yang banyak diserang adalah  : Leher , bahu , panggul , lengan dan daerah tungkai kaki , efeknya  dari FMS adalah : Sulit tidur , ganguan tidur , sakit kepala , kekakuan otot  .

Bahkan penderita Rheumatoid arthritis pun ikut diserang sehingga rasa sakitnya menjadi ganda , FMS menyerang pada semua umur , tetapi cenderung lebih banyak Wanita .

Nyeri-nyeri tubuh akan berlangsung cukup lama sekitar 84 hari , dan biasanya dengan obat-obat Pereda sakit ,juga parasetmol  rasa sakit akan berkurang.

Pada FMS yang lebih parah  dapat juga mengganggu  pencernaan , lambung  termasuk usus besar dan usus kecil  , kandung kemih  akibatnya  penderita akan  mengalami sakit perut , buang-buang air , stress , cemas , kesemutan , kekakuan otot  , dsb.

Menurut pengetahuan akupuntur hal ini dikarenakan , kondisi lever , Limpa dan ginjal yang mengalami ketidak stabilan Qi (energy)  dan ketidak lancaran peredaran darah  , ketidak-
seimbangan antara kondisi Yin dan yang , maka untuk memperbaikinya : yang terutama harus dilancarkan adalah Lever  dan limpa.

Inilah langkah utama penekanan Akupresurnnya :



1.       Taichong ( LV/LR 3)

2.       Xiaohai (SI 8)


3.       Sanyinjiao (SP 6)


4.       Yanglingquan (GB 34)

5.       Zusanli (ST 36)


6.       Yongguan (KI 1)




Titik –titik lain dapat ditambahkan sesuai lokasi sakit , misalnya : bahu  kaku, tangan kaku , leher kaku dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar