Kamis, 08 Juni 2017

Telusur sebab Telinga berdenging (Tinnitus)




Pengobatan barat yang menelusuri penyebab telinga berdenging mengidentifikasikan penyebabnya adalah :
Gangguan pada pendengaran berkaitan dengan bunyi-bunyian ,seperti berdenging dan ketulian, dikarenakan : Telinga yang kotor , telinga kemasukan suatu benda , kecelakaan , kerusakan saraf pendengaran  dll.

Pengobatan timur menguraikan secara lebih detail , yaitu dimulai dengan gejala panas yangtinggi ,terganggunya
Qi Ginjal , Qi Liver dan Qi tiga pembakar (Sanjiao).
Karena pendengaran terganggu , maka kesimbangan juga terganggu inilah yang mengakibatkan Vertigo dan      -Dizzisnes (kepusing), mual dan muntah .

Marilah kita meninjau  satu-persatu :

-          Fungsi Ginjal dan pola-pola ginjal
-          Fungsi Liver dan Pola-pola liver
-          Pola-pola Sanjao.

Pada tulisan-tulisan terdahulu , sudah pernah diuraikan tentang fungsi ginjal dan lever  , kini secara singkat kami uraikan kembali mengenai fungsi ginjal pada tubuh manusia.

Ginjal juga mempunyai aspek Yin dan Yang , yang merupakan fondasi untuk organ-organ tubuh lainnya.
Oleh karena itu Yin dan Yang ginjal disebut juga sebagai  “ Yin utama “ dan “ Yang Utama” , Yin Ginjal merupakan  fondasi semua energy (Qi) Yin tubuh khususnya : energy (Qi) Lever, Jantung dan Paru-paru , dan Yang Ginjal juga merupakan fondasi semua energy (qi) Yang tubuh khususnya : energy (Qi) Limpa , Paru-paru dan Jantung.

Fungsi ginjal yang terutama :
Menyimpan esensi dan mengatur kelahiran , pertumbuhan , reproduksi dan menghasilkan sumsum untuk otak dan tulang-tulang  ;
-Ginjal mengatur air (cairan)

-Ginjal mengendalikan penerimaan Qi (energy)

-Ginjal berhubungan dengan telinga

-Ginjal hadir didalam rambut

-Ginjal mengendalikan 2 lubang bawah

-Ginjal Menampung power kemauan dan kehendak (semangat)

Dalam hal ginjal berhubugan dengan telinga , adalah ketergantungan telinga dengan esensi , bila ensensinya cukup subur maka ,ginjal yang sehat akan membuat telinga juga sehat , dapat mendengarkan 5 suara (sempurna) , tetapi bila ginjal lemah , pendengaran akan terganggu , seperti  telinga berdenging.

Didalam pola-pola ginjal yang terutama berhubugan dengan telinga adalah pola kekurangan Yin Ginjal :

Kekurangan Yin ginjal dan esensi ginjal  akan menyebabkan Yin Ginjal tidak dapat menghasilkan sumsum yang cukup untuk mengisi otak , akibatnya pusing , telinga bising , vertigo dan lemah ingatan.

Pusing dimulai dengan kepusingan ringan dan bising di telinga ,lalu akan bertahap semakin lama semakin berat dan kebisisngan menjadi berdenging, kekurangan Yin ginjal menyebabkan  tubuh kekurangan cairan dan kekeringan berkepanjangan , menyebabkan mulut kering di malam hari, kehausan , sembelit dan air seni gelap.

Perwujudan-perwujudan klinis

Pusing , bising di telinga, vertigo, lemah ingatan , ketulian , keringat pada  malam hari , mulut kering di malam hari , panas pada telapak tangan , punggung sakit , tulang-tulang sakit , pengeluaran air mani di malam hari , sembelit, air seni gelap , Lidah merah , nadi kosong –mengambang-deras.

Fungsi Lever 

Fungsi lever yang terutama  adalah menyimpan darah dan menjamin pergerakan Qi (energy) yang lancar keseluruh tubuh  . Selain menympan darah , ia juga berfungsi mengatur volume darah di seluruh tubuh , ia mengatur penyaluran darah menurut kegiatan fisik tubuh  dan ia mengatur haid pada wanita.

Fungsi lever berikutnya yang juga sama pentingnya , yaitu menjamin kelancarn aliran Qi keseluruh tubuh , artinya qi dapat mengalir lancar , meluas , berpencar ke semua arah , ke semua organ .

Semua organ mempunyai suatu arah aliran Qi yang normal , yaitu aliran Qi keatas dan kebawah ; aliran qi (energy) yang mengalir keatas adalah organ-organ seperti al : Qi Limpa , Qi lever (kesemua arah) , dan organ-organ yang aliran qinya kebawah  adalah: Qi paru-paru dan Qi lambung .
Yang terlebih penting lever sangat berkaitan dengan keadaan emosional dan keadaan pencernaan,

Keadaan emosional yang tinggi akan menyebabkan kekacauan gerakan Qi lever yang naik dan tak terkendali , akhirnya dapat memisahkan Qi Yin dan Qi Yang  , kenaikan Qi Yang berkelebihan menimbulkan Api –Yang , dan berdampak pada emosi  -cepat marah , ledakan kemarahan , wajah merah , pusing ,telinga berdenging dan vertigo.

Dengan kata lain pola lever dicirikan melalui panas penuh lever yang cenderung menaikan api lever keatas kearah kepala membuat wajah merah dan mata merah , terjadi gangguan pusing , gangguan mimpi-mimpi pada tidur,lekas marah .Api lever naik ke telinga menutup lubang-lubang telinga , menimbulkan kebisingan dan ketulian ,kebisingan dengan siulan nada tinggi , semua bisa saja datang dengan mendadak.

Pola –pola pembakar

Pembakar tiga pemanas (Sanjiao) dapatlah dibagi menjadi 3 bagian pembakar :
1.      Pola pembakar atas adalah organ paru-paru dan jantung

2.      Pola pembakar tengah adalah organ lambung dan limpa

3.      Pola pembakar bawah adalah organ kandung kemih,ginjal , usus besar,usus kecil 

Sehubungan dengan serangan dari factor patogenik seperti angin akan menimbul Dingin –angin dan Panas-angin menyebabkan sirkulasi Qi pertahanan rusak dan pori-pori kulit tersumbat ,secara khusus serangan factor patogenik tersebut terhadap pembakar rangkap tiga ini menyebabkan ketulian ,sakit telinga , sakit di belakang telinga , pembengkakan di tulng pipi , sakit tenggorokan dan sakit di sudut mata luar.

Demikianlah uraian penyebab ketulian dan telinga berdenging (Tinnitus), menurut TCM  atau menurut analisa pengobatan timur , maka diharapkan para pembaca tahu dengan jelas , jalur meridian yang harus di akupresur dan di akupuntur, untuk membebaskan masalah ketulian dan telinga berdenging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar