Rabu, 21 Juni 2017

Penyebab penyakit Jantung



Penyebab penyakit jantung menurut kedokteran China

Sebelum menuju kepada tuduhan Pola makan dan pola hidup , kedokteraan china mengidentifikasi soal lingkungan alam tempat manusia hidup terlebih dahulu , masalah iklim dan cuaca , ada faktor panas dan faktor dingin yang secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan jantung .

Api dan Panas adalah faktor yang paling mempengaruhi kesehatan jantung , walaupun juga tidak secara langsung , tetapi yang secara langsung mempengaruhi Kantong selaput Jantung , hal mana adalah Benteng  pertahanan luar Organ Jantung , penderitaan sakit akan terlebih dahulu dipikul oleh selaput Jantung karena seperti pasukan pengawal Presiden dia menjadi tameng setiap serangan terhadap Jantung.

Faktor yang lebih dominan adalah faktor interior , factor dari dalam diri manusia sendiri , sesuatu yang berhubungan dengan perasaan (emosi) dan pikiran  yaitu : 1.Kegembiraan 2.Kesedihan 3.Amarah.

1.       Kegembiraan
Adalah suatu keuntungan bila kita merasa gembira dan bahagia , otak akan mengeluarkan suatu zat ensim endorphin  yang dapat menyehatkan Jantung. Tetapi apabila kegembiraan itu terlalu over /berlebihan , justru akan melukai Jantung , mengurangi Qi Jantung  (Disharmoni  jantung).
2.       Kesedihan
Dalam skema “5 Unsur” kesedihan dan kecemasan lebih dahulu mempengaruhi Paru-paru tetapi secara tidak langsung juga menguras Qi Jantung karena paru-paru dan jantung saling mempengruhi didalam  energy (Qi) dan pengaturan darah .
Kesedihan dan kecemasan sangat mempengaruhi Qi Jantung , kesedihan yang berlarut-larut dan panjang dapat menyebabkan kemacetan Qi jantung , pada gilirannya akan berubah menjadi Api-Jantung.
3.       Amarah
Amarah yang tersulut akan menaikkan Yang –lever (Api lever) dan dengan cepat akan menularkan kepada Jantung , menjadi Api-Jantung , darah akan naik kekepala , membuat muka menjadi merah padam , lidah dan tubuh juga akan ikut memerah. Amarah yang tidak langsung akan berdampak  menjadi Frustasi , Dendam dan Depresi , yang secara bertahap akan menjadi juga Api Jantung.

Gejala Kekurangan Qi Jantung  dan Gejala kelebihan Yang (Api) Jantung

Gejala Kekurangan :  * Kekurangan Qi Jantung   * Kekurangan Yang Jantung * Kekurangan darah Jantung * Kekurangan Yin Jantung .

Gejala Kelebihan : # Kelebihan Api Jantung # Api Dahak mengacau # Dahak mengabutkan Jantung.

Gejala kelebihan dan kekurangan : < Darah  Jantung macet .

Sebagai contoh disini hanya akan diuraikan beberapa gejala saja :

·         Kekurangan Qi (energy) Jantung :
Ciri-cirinya : tanda –tanda umum ; Nafas pendek , berkeringat banyak, muka pucat , badan kelelahan , nadi kosong , jantung berdebar-debar (ringan dan sekali-kali) .
Penyebabnya :  1. Kehilangan Darah ; lebih dahulu ada penyakit kronis , khususnya pedarahan kronis yang berkepanjangan , jadi setiap Jantung kehilangan darah yang banyak dan berkepanjangan akan mengakibatkan kekurangan darah Jantung , juga akan mengurangi Qi Jantung , karena adanya hubungan yang erat antara darah dan Qi jantung.
2.Masalah Emosi-perasaan , kondisi emosional seseorang akan mempengaruhi kesehatan Jantung , seperti  Kesedihan /kecemasan /kekuatiran akan menyebabkan terkurasnya Qi Jantung

·         Kekurangan Yang Jantung :

Patologinya ; gejala hampir sama dengan gejala kekurangan Qi  , karena setiap kekurangan Api Jantung dapat dipastikan juga kekurangan Qi Jantung  , tambahannya adalah tubuh merasa dingin ,kaki dan  tangan menjadi dingin , sesak di dada , wajah menjadi pucat-terang (ciri khas) , kalau kekurangan darah jantung (wajah pucat samar-samar). Lidah pucat , basah dan membengkak , nadi dalam –lemah , pada kasus yang lebih parah , nadi menjadi lambat , berhenti pada interval-interval yang tidak teratur.

Etiologi : Pada dasarnya hampir sama dengan kekurangan Qi jantung , kekurangan Yang jantung adalah akibat dari kekurangan Yang ginjal , karena Yang Ginjal adalah sumber semua energy Yang tubuh , maka proses ini secara langsung dapat diakibatkan oleh kurangnya Yang Ginjal akibat : kelelahan berkerja , kelelahan berfikir dan hubungan seksual yang berlebihan.

·         Keruntuhan Yang Jantung :

Etiologi : Gejala hampir sama dengan yang diatas , tambahannya adalah Nafas dangkal dan lemah , sangat banyak berkeringat , anggota tubuh dingin(kebiru-biruan) karena kekurangan oksigen ,koma .Keruntuhan Yang jantung dipicu oleh keruntuhan Yang ginjal sebagai fondasi semua energy tubuh.Disebabkan : Bekerja keras secara berlebihan dalam jangka waktu panjang (Workaholic) , penyakit kronis dan hubungan seksual over limit.

Pengobatan dengan Akupuntur/Akupresur


Kekurangan Qi Jantung : titik-titik yang di pilih adalah untuk menambah persediaan Qi dan darah Jantung – HT 7 (Shemmen) , PC 6 (Neiguan)  , BL 15 (Xinshu) yang merupakan titik Jantung , titik pegangkut belakang , bersifat menenangkan jantung , melancarkan peredaraan darah , menghilangan panas jantung , Ren 6 (Qihai) ini adalah titik lautan energy , mengembalikan kelemahan tubuh , REN 17 (Danzhong ) istimewa adalah titik selaput jantung , titik dominan Qi (titik pengumpul Qi ) yang menguasai jaringan Qi .



REN (CV)



Kekurangan Yang Jantung : titik yang dipilih hampir sama dengan yang diatas , tambahannya adalah HT 5 (Tong li) , REN 6 ( Qihai) untuk menambah persediaan Yang Jantung , bersama DU 14 ( Dazhui) dilakukan dengan pemanasan moksa.


Keruntuhan Yang Jantung : Prinsip pengobatan menyelamatkan Yang Jantung , memulihkan kesadaran dan menghentikan keringat , maka titik –titik yang dipilih adalah  REN 6 (Qihai) , REN 4 (Guanyuan),REN 8 (Shenque) tujuannya menyelamatkan Qi –Yang dan menghentikan keringat dilakukan dengan moxa melalui media jahe (pemanasan tidak langsung).



DU 4 (Mingmen) dilakukan dengan moxa untuk meningkatkan persediaan Qi-Yang ginjal , kemudian untuk memperkuat yang jantung ditambahkan ST 36 (Zusanli)  dan P 6 (Neiguan) , untuk penenang dilakukan dengan DU 20 (Bahui) yang mendorong revitalisasi Yang Jantung , tambahkan DU 14 (Dazhu) dan BL 15 (Xinshu) juga dengan moxa , untuk meningkatan persediaan energy Jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar