Jumat, 17 Februari 2017

Sleep Disorder



Hampir semua orang pernah mengalami ,kesulitan akibat terganggunya tidur kita , yang sering disebut “ Sleep Disorder” , dan pada orang dewasa dan berusia lanjut “ Sleep disorder” telah menjadi masalah umum .Dalam banyak kasus ganguan tidur ini bersifat sementara – mungkin disebabkan oleh tekanan hidup yang tinggi dan Stress , tetapi sejalan dengan waktu , keadaan menjadi lebih baik , dan ganguan itu hilang.

Tetapi  Gangguan tidur yang kronis , dapat sangat mengganggu baik itu terhadap kehidupan sehari-hari maupun  kesehatan pribadi .Karena Ganguan tidur , menyebabkan  terganggunya kualitas tidur dan kurangnya istirahat , dan tentunya akan berakibat terhadap level energy (tingkat persediaan energy) ,keseimbangan emosional dan  kesehatan yang menyeluruh.

Sleep disorder dapat mencakup Teror pada malam hari seperti : Insomnia , Sleep Apnea, dyssomnia,dan circadian rhythm sleep disorders. Pada Hampir semua kasus , pasien dihadapkan pada sulitnya jatuh tertidur, sulitnya mendapat tidur yang cukup ,atau tidur yang mudah terganggu –terbangun oleh suatu bunyi yang sangat kecil.
Ketergantungan dengan obat tidur menjadi masalah , karena  selalu digunakannya ketika ingin mendapat istirahat yang cukup.
Akupuntur/Akupresur adalah pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai terapi terhadap sleep disorder , karena melalui titik-titik meridian akan mengembalikan  kembali kualitas tidur yang terganggu melalui cara : menyembuhkan dan meredakan  Stress, kegelisahan , kecemasan, kesedihan dan luka kepahitan  .

Akupresur dapat mengatur kembali distribusi energy secara merata keseluruh tubuh dan membantu tubuh untuk relax dan tenang.
Bermacam-macam ganguan tidur 
  • Insomnia  : kesulitan untuk tertidur /jatuh didalam tidur /tidur yang berkualita
  • Central Sleep Apnea (CSA): ganguan siklus pernafasan pada saat tidur ,karena menurunnya  respirasi (10 detik) , ini merupakan ganguan Neurologis yang mengakibatkan ganguan Neorumuskular terutama pada orang tua.
  • Sleep apnea : ganguan pernafasan karena menyempitnya dinding tenggorokan , akibat otot-otot tenggorokan terlalu lemas dan menghalangi sebagian /menutup jalannya pernafasan (kadang-kadang menghentikan pernafasan sebentar , sampai orangnya terbangun)
  • Obstructive Sleep Apnea: terganggunya siklus pernafasan yang hampir sama dengan Sleep apnea , hanya ini pada bagian atas pernafasan , seseorang akan terbangun beberapa kali dengan tersedak-sedak akibat berhentinya pernafasan dan pasokan oksigen.
  • Parasomnia : terjadinya gerakan-gerakan anggota tubuh , karena adanya fenomena verbal pada saat tidur , fase ini berlanjut sampai orang tersebut terbangun dari tidurnya , termasuk didalamnya adalah : ganguan mimpi buruk , ganguan teror malam dan ganguan tidur berjalan (berjalan dalam tidur).
  • Narcolepsy : adalah ganguan Neurologis kronis , ganguan pada bagian otak yang mengontrol/mengatur kapan harus tidur dan kapan harus terjaga , terjadi kekacauan dalam sistem pengaturan waktu ini , menyebabkan seseorang dapat tertidur ketika bekerja atau berkemudi , kantuk disiang hari yang berlebihan membuat terjadinya los- kontrol terhadap otot tidur atau dipicu oleh emosi yang kuat dapat menyebabkan hal-hal seperti diatas. 
  • Circadian rhythm sleep disorder: terganggunya sistem circadian (jam tubuh alamiah-internal) yang adalah proses siklus biologis selama 24 jam , contohnya : Jet-lag, perubahan jam kerja, kerja terlalu larut malam dll
  • Snoring : mendengkur , adalah gangguan tidur karena bergetarnya struktur pernafasan , terjadi hambatan udara dan mengeluarkan suara parau yang dapat mengganggu teman tidurnya.
Efek yang terjadi akibat Sleep disorder 
  • Terlalu peka dan mudah marah 
  • Tidur sepanjang hari
  • Tertidur disaat mengemudi kendaraan
  • cepat ngantuk badan lemas
  • Kelelahan
  • konsentrasi menurun
  • Sulit untuk mengingat
  • Reaksi dan respon lambat
  • Tidak fokus didalam pekerjaan 
  • emosi mudah meluap-luap
  • dll
5 langkah Akupresur  mengatasi Sleep disorder
Perlu diketahui hal yang terpenting adalah menghilang faktor penyebabnya yaitu : Stress berat , kecemasan , kekuatiran , ketakutan ,kegelisahan , tekanan yang berat dst.
Dengan menetralisir sekecil mungkin penyebabnya , maka diharapkan tidur akan kembali kepada proses yang normal.
inilah 5 titik penting untuk menyembuhkan /menghilangkan ganguan tidur :
  1. Gaohuang (Bl 38): menstimulasi keseimbangan emosi dan stress ,terutama insomnia,menghilangkan sesak nafas, keringat dimalam hari, daya ingat lemah dll.
  2. Neiguan (PC 6) : Menghilangkan panas selaput jantung,melegakan dada , penenang 
  3. Shenmen (HT 7): titik penenang jantung ,mengatur peredaran energy , menghilangkan panas jantung (api jantung), meredakan jantung berdebar-debar , susah tidur , insomnia , mudah kaget , mudah lupa dll.
  4. Fengfu (DU 16)     : titik ini meredakan emosi/ketegangan , mengatasi tekanan darah tinggi , tekanan darah rendah , telinga berdenging , gelisah, gugup dll
  5. Fengchi (GB 20)  : Mengusir angin , menjernihkan penglihatan, migren, stress , nyeri pundak dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar