Selasa, 21 Februari 2017

Akupresur untuk Rahang terkunci (Jaw pain)



Sakit rahang terkunci (Jaw Pain) tak begitu banyak diketahui dan dialami orang , begitu juga tekanan dari penyakit ini tidak begitu dirasakan sebagai problem yang berarti , tetapi juga merupakan ganguan yang cukup serius disekitar otot muka dan menggangu tarikan senyum anda.

Banyak orang yang pernah mengalami merasakan gangguan di pipi , di otot wajah dan  di rahang , banyak yang bersifat sementara  , tetapi banyak juga gangguan itu menetap.
Penyebab utamanya adalah pada temporomandibular joint TMJ = temporomandibular joint = adalah sendi yang melekat pada tulang tengkorak (cranium), sendi ini mempunyai fungsi untuk mengunyah, menguap, berbicara, dll. Gangguan pada sendi rahang (TMJ) menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada sendi ini.
Gangguan pada bagian wajah dan  persendian ini yang menghubungkan  rahang dengan Tulang tengkorak  dan yang membutuhkan pergerakan  seperti didalam gerakan berbicara, mengunyah, dan semua jenis gerakan dari wajah.


Stress persendian temporomandibular ini adalah salah satu penyebab yng paling umum  dari sakit rahang terkunci  , rahang  kaku , rahang  kejang.
Ganguan  ini dapat disebabkan oleh kebiasaan seseorang mengeretakan gigi atau mengunci gigi dengan rapat .Tekanan otot dapat menyebabkan  gangguan pada rahang  dan menyebabkan wajah menjadi sakit.

Akupresur sehubungan dengan gerakan otot muka  adalah merupakan jalan terbaik untuk menghilangkan rasa sakit  dan ketidak nyamanan pada tulang rahang  dan  TMJ symptom (Gejala) seperti ;  radang , gerakan kejut tiba-tiba , pembengkakan, dan nyeri.

Beberapa penyebab  Rahang terkunci 

  • Luka pada persendian Rahang , otot kepala dan leher , disebabkan oleh suatu gerakan paksa yang keras , pukulan /hantaman yang berat -kuat/kecelakaan.
  • Kebiasaan menggeretakan rahang dan mengunci gigi 
  • Gangguan pada bantalan lunak antara bola sendi dan sendi persendian.
  • Adanya otot/urat wajah yang terjepit
Gejala-gejala Rahang terkunci 

  • Nyeri otot disekitar wajah
  • Bunyi klik disaat anda membuka rahang /mulut
  • Kesulitan membuka rahang seperti terkunci
  • Sakit menjalar dari telinga  ke pipi , dan pelipis
  • Sering sakit kepala , pening dan migren
  • Telinga berdenging 
  • Tidur terganggu ,akibat sakit disekitar leher dan belakang kepala
4 jurus mengurangi dan menyembuhkan nyeri Rahang terkunci

  1. Zusanli -St 36-  sangat berguna untuk masalah otot wajah , merilekskan otot wajah , melemaskan ketegangan rahang , rahang terkunci , sakit gigi dll
  2. Yifeng -SJ(TW) 17    membuang angin , tuli, bisu , lumpuh oto muka, mulut terkancing dll
  3. Tinggong-SI 19 -= keluhan telinga , sakit gigi , tuli , menenangkan, depresi dll .
  4. El Men -SJ (TW) 21 - merdakan TMJ , sendi rahang , sakit-nyeri , migren,telinga berdenging.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar