Selasa, 17 November 2015

Mendirikan Benteng Pertahanan I

Jasa Akupuntur Akupresur Nanjing Jakarta , dr.Meinar Rusmini   ,Jitu,sederhana ,sembuh   ,Hub:  081808960555  jl.Kamper 1 ,komp.TNI AL  Pangkalan Jati ,Cinere



Penulis pernah mengikuti suatu latihan kesehatan untuk membangun benteng pertahanan setiap hari dari seorang guru yang mana dari pengalamannya  sang guru yang telah berobat kemana-mana dan menghabiskan uang lebih dari 1 milyar rupiah untuk mengobati penyakitnya komplikasinya dari mulai lever , ginjal dan jantung yang tak kunjung sembuh ; akhirnya dapat disembuhkan oleh seorang profesor dokter dari di china dengan suatu latihan rutin akupuntur Meredian  yaitu yang dinamakan:

San (3 titik meridian ) Yao ( 1 pernafasan perut ) Er ( 2 gerakan “ jongkok-bangun” ) atau  312 .

San

Meridian terjemahan dari kata Cing Luo , yang artinya sebuah sistem jaringan saluran yang membujur dan melintang yang tersebar di seluruh tubuh  bagaikan sebuah jala yang teratur.Dalam sistem meridian ini mengalir energy (qi) , sistem meridian menjalin hubungan yang erat antara bagian tubuh atas dan bagian tubuh bawah , antara bagian tubuh sisi kanan dan bagian tubuh sisi kiri , antara organ dalam (cang fu) dengan permukaan tubuh , lalu antara organ dalam dengan keempat alat gerak (kaki, tangan).

3 titik Meridian yang harus ditekan dengan jari jempol atau dengan alat pijat baik dari kayu atau besi magnit , dengan menekan sebanyak 32 x  dengan jeda 3 detik tiap tekanannya , maka anda akan mengaktifkan energy (qi) pada meridian tersebut , dan dapat mencegah / menyembuhkan ketidak seimbangan yang terjadi pada meridian itu atau kita mengenalnya sebagai keluhan sakit .  Ketiga titik meridian itu adalah :

1.He gu .

He gu  adalah titik  akupuntur sentral  pada jaringan meridian Yang Ming Tangan –Usus besar dimulai dari ujung jari telunjuk (sisi tepi radial)  sampai ke kepala (muka) tepatnya berakhir pada sisi cuping hidung.Hegu terletak antara pangkal tulang jempol tangan dan pangkal tulang telunjuk tangan.Jika anda rapatkan telunjuk dan jempol tangan ,maka akan ada tonjolan pada punggung tangan  ; titik Hegu berada pada tempat tonjolan yang paling tinggi.He gu adalah titik sentral  dari meridian usus besar , arti titik ini merupakan  tempat organ usus besar terpancar sepanjang meridiannya , apabila terjadi hambatan /keluhan di meridian usus besar ,titik inilah pusatnya untuk dilakukan penyeimbangan dengan penekanan /pijat /tusuk jarum. 






Sifat khasnya adalah untuk mengeluarkan panas luar , mengusir angin dan membersihkan paru-paru. Keluhan-keluhan yang dapat diatasi melalui titik ini adalah : Influensa : tenggorokan sakit , batuk , pilek, badan panas ,demam,masuk angin,pusing ,sakit gigi,sakit leher. Perut: diare ,sembelit,kembung , mual , sakit perut,tidak nafsu makan . Menstruasi terganggu,Alergi,lumpuh separuh badan .

Arah pijatan : Horizontal ke punggung tangan tekan dengan jempol 3 detik kemudian lepas 3 detik ulangi sampai 32 kali (bukan vertikal kearah telapak  tangan).kalau keringat banyak keluar ditekan keras, kalau keringat tidak keluar ditekan ringan.
Peringatan : Wanita hamil dilarang untuk ditekan pada titik He gu , dapat mengakibatkan keguguran.

2.Nei Guan/Nei Kuan.

Titik  Nei Guan adalah titik akupuntur pada meridian selaput jantung atau biasa disebut Pericardium,meridian di mulai dari dada  keluar menyusuri lengan atas  masuk ke lipatan siku terus turun kebawah kearah telapak tangan , masuk menuju jari tengah dan berakhir diujung jari itu.Nei Guan merupakan titik istimewa karena menguasai lambung (perut atas, limpa ,hati ,ginjal), dan dada ( paru-paru,jantung).


Sifat : Menghilangkan panas selaput jantung , melancarkan rongga atas, rongga tengah, rongga bawah .

Letak : 3 jari dari pergelangan tangan ditengah 2 tendon (urat),kepalkan tangan yang keras , akan terlihat 2 urat yang menegang ,diantara 2 urat itulah  titik Nei Guan.Dipijat tekan 3 detik kemudian lepas 3detik ,ulangi sampai 32 kali.
Untuk mengatasi keluhan : kuduk kaku /tegang , muntah-muntah , denyut nadi cepat, sakit lambung , lambung kram , cegukan ,susah tidur ,gelisah , kram daerah siku, jantung berdebar-debar, kolestrol, perut kembung.

Catatan : untuk wanita hamil  sampai 3 bulan pertama ,dapat menghilangkan mual , dipijat hati-hati , dengan tekanan ringan  hindari mengunakan alat pijat.

3.Zusanli /cu san li .

Zusanli adalah titik akupuntur pada meridian lambung , dimulai dari sisi hidung ,dibawah mata turun melalui sudut bibir , naik menyusuri rahang sampai disudut dahi , turun kembali menyusuri rahang , ke leher  , turun melalui dada ,sampai diafragma (sekat perut) menyusuri tengah belahan perut, menyusuri paha,dan tepi tepi tulang kering dan berakhir pada jari telunjuk kaki



Sifat : Memperbaiki system lambung, limpa dan usus , mengusir keluhan bersifat angin dan lembab, penyegar ,penambah daya /vitalitas.

Titik Dewa : Titik ini mendapat julukan titik dewa , karena seperti memberi vitamin ,titik ini membangkitkan vitalitas ,pengaruh saraf simpatis saraf tulang belakang,untuk mengatasi segala ganguan kaki, seperti kaki tak bertenaga,telapak kaki mati rasa,ujung kaki mati rasa,punggung kaki mati rasa ,badan pegal-pegal lemas .

Letak : Pegang lutut kanan dengan tangan kanan , atau lutut kiri dengan tangan kiri,titik ini berada kira-kira di depan jari tengah atau 3 cun (4 jari) dibawah tempurung lutut , geser 1 cun ( jempol tangan) keluar dari garis tulang kering.Tekanlah dengan jari  jempol/telunjuk selama 3 detik kemudian lepas 3 detik ,ulangi sebanyak 32 kali.

Kegunaan : mengatasi keluhan diare, sembelit , nyeri lambung , kembung , mual, sakit tenggorokan , badan bengkak-bengkak, lutut nyeri , kelumpuhan kaki, lemah lesu , kaki capai /linu ,rematik , masuk angin , influenza , demam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar