Senin, 23 November 2015

Berpikir positif membuat kita menjadi sehat

Akupuntur  TTM : Tusuk ,Totok ,Terapi titik meridian dr.Meinar Rusmini , tepat dan sembuh ,hub: 081806545535 jl.Kamper 1 komp.TNI Al ,Cinere


Berpikir positif membuat kita menjadi sehat

(Lihat juga Pengaruh pikiran terhadap komposisi struktur molekul air dan  Berawal dari pikiran yang sehat , maka tubuh juga sehat.)


Masih berkaitan dengan artikel sebelumnya bahwa kesehatan dimulai dari pikiran,bahkan didunia medispun ada istilah “ berpikir positif”, Jiwa dan raga tak pernah berhenti berdialog , jadi hal-hal yang ada didalam pikiran bukanlah sekedar konsep belaka , karena suatu saat akan berwujud dan aktif secara ragawi.

Jika seseorang selalu berpikir negatif , ia cenderung untuk mengalami banyak stress , dan stress adalah cikal bakal penyakit yang dapat diterangkan secara medis yaitu ; jika kita menanggapi sesuatu dengan penolakan , didalam tubuh akan muncul Zat-zat  yang mempercepat penuaan, dan pertumbuhan sel-sel kanker ada, sebaliknya bila kita bereaksi positif ,dengan lebih banyak bahagia dan bersyukur organ tubuh kita akan memproduksi zat-zat yang membuat kita awet muda  dan sehat.

Orang dengan kebiasan berpikir positif memiliki resistensi kuat terhadap penyakit (melalui akupuntur-akupresur adalah relaksasi untuk  mencegah penyakit) , sementara mereka yang senantiasa berpandangan negatif  akan cepat jatuh sakit.Cara pandang memiliki arti penting bagi kesehatan kita.

Sebenarnya apakah zat-zat yang membuat kita sehat dan berhubungan dengan pola pikir , yaitu secara umum lebih dikenal dengan sebutan Hormon kebahagiaan. Jika seseorang berpikiran positif ,di dalam otak manusia akan dilepas senyawa-senyawa yang mirip dengan morfin,yang akan meningkatkan suasana hati , memperlambat proses penuaan  dan memperkuat penyembuhan diri.

Efeknya tidak hanya pada otak , tetapi sampai keseluruh tubuh , berguna dan berdampak positif. Sebelumnya  dunia kedokteraan tidak terlalu memperhatikan,karena diyakini selain efek analgesik ,tidak ada manfaat lain.

Tapi akhir-akhir ini  terjadi lompatan besar penelitian lalu diakuilah bahwa hormon kebahagiaan menyimpan potensi yang sangat besar untuk kesehatan.Hormon yang dimaksud adalah Beta- Endorfin .

Hormon ini adalah hormon yang paling berkhasiat , terutama memperkuat daya tahan tubuh, memperkuat sel-sel pertahanan tubuh , suatu kekuatan melawan penyakit, dengan demikian hadapilah hidup secara positif  lebih banyak bersyukur dan berbahagia , maka kemudaan kita akan terjaga dan terbebas dari penyakit.

Sebaliknya apabila kita menghadapi sesuatu dengan berpikir negatif , dan membiarkan stress menghinggapi kita, maka munculah hormon  Noradrenalin yang sangat beracun, satu tingkat dibawah bisa ular , zat ini hanya sedikit diproduksi di otak , namun apabila seseorang terus-menerus marah,dendam , dengki dan tertekan , racun ini akan bertambah banyak ,lalu membuatnya sakit , lebih cepat tua dan lebih cepat meninggal.

Stress/Cemas penyebab hormon ini akan semakin lama semakin banyak dan dalam jumlah besar kemudian dapat mempersempit aliran darah ke jantung, penyempitan pembuluh meningkatkan tekanan darah mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah . Jika vena besar di otak tersumbat  terjadilah stroke .Jika pembuluh kapiler yang tersumbat , Demensialah yang akan terjadi.

Hormon- hormon yang terpenting terkait dengan cara pandang/ cara pikir kita adalah :
 Adrenalin    ,   Noradrenalin    ,       Beta Endorfin     ,       Enkefalin .
Noradrenalin ,diproduksi di otak sangat kita  Stress/ cemas , Adrenalin akan muncul disaat kita takut . Sebenarnya zat-zat ini adalah penyampai pesan dari otak kepada tiap-tiap sel untuk mempertahankan hidup , namun di sisi lain sangat beracun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar