Sabtu, 30 Desember 2017

Ganguan telinga Tinnitus dan Prebiskusis III (Refresh)



Lever /Hati

Fungsi lever/Hati  yang terutama  adalah menyimpan darah dan menjamin pergerakan Qi (energy) yang lancer keseluruh tubuh  . Selain menyimpan darah , ia juga berfungsi mengatur volume darah di seluruh tubuh , ia mengatur penyaluran darah menurut kegiatan fisik tubuh  dan ia mengatur haid pada wanita.

Fungsi lever berikutnya yang juga sama pentingnya , yaitu menjamin kelancaran aliran Qi keseluruh tubuh , artinya qi dapat mengalir lancar , meluas , berpencar ke semua arah , ke semua organ .

Semua organ mempunyai suatu arah aliran Qi yang normal , yaitu aliran Qi keatas dan kebawah ; aliran qi (energy) yang mengalir keatas adalah organ-organ seperti al : Qi Limpa , Qi lever (kesemua arah) , dan organ-organ yang aliran Qi-nya kebawah  adalah: Qi paru-paru dan Qi lambung .

Yang terlebih penting lever sangat berkaitan dengan keadaan emosional dan keadaan pencernaan,
Keadaan emosional yang tinggi akan menyebabkan kekacauan gerakan Qi lever yang naik dan tak terkendali , akhirnya dapat memisahkan Qi Yin dan Qi Yang  , kenaikan Qi Yang berkelebihan menimbulkan Api –Yang , dan berdampak pada emosi  -cepat marah , ledakan kemarahan , wajah merah , pusing ,masalah pendengaran -telinga berdenging, berdengung , nyeri , sakit , kurang pendengaran dan vertigo.

Pola panas lever menciptakan api lever menyala dan naik keatas , gejala dan tanda-tanda  adalah wajah dan matanya menjadi merah , sakit kepala , pusing , tidur diganggu mimpi-mimpi , lekas marah , api naik ketelinga dan menutup lubang-lubang telinga yang menyebabkan bising di telinga dan ketulian  dengan serangan mendadak.

Ciri yang paling khas adalah hadirnya rasa pahit oleh naiknya api lever ke tenggorokan dan mulut , rasa pahit ini dapat terjadi sepanjang hari. Berbeda dengan rasa pahit yang disebabkan api jantung , perwujudannya hanya di pagi hari setelah bangun tidur malam yang buruk (tidur malam tidak berkualitas).

Pola-pola Sanjiao

Organ Sanjiao (pembakar rangkap 3) , adalah tergolong pada pembakar atas , selain Paru-paru dan Jantung , bilamana terjadi disharmoni terhadap organ sanjiao tentunya akan menimbulkan gejala ketulian.

Pembakar atas , membakar cairan-cairan (zalir) tubuh , menguapkan dan memencarkan pada bagian atas tubuh , didalam keadaan normal sirkulasi akan berjalan lancar , tetapi didalam keadaan sakit , ada yang menghalangi mungkin suatu faktor patogenik eksterior (Dingin-angin atau panas –angin) , menghambat sirkulasi Qi pertahanan , pori-pori kulit tersumbat mengakibatkan : bersin-bersin , hidung berair , tenggorokan sakit , panas , sakit dibelakang kepala dsb.

Khususnya ketika saluran Sanjiao terkena serangan secara langsung terutama serangan Panas-angin maka akan terjadi ketulian , sakit telinga , sakit dibelakang telinga , sakit diujung mata luar , pembengkakan di tulang pipi dan sakit di tenggorokan.

Tips simpel Akupuntur/Akupresur  untuk gangguan telinga
                                                                              1.   Houxi (SI 3)

2.      Yanggu (SI 5)    
3.      Tiangchuang (SI 16)
4.      Tinggong (SI 19)

5.      Chize (LU 5) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar