Selasa, 26 Desember 2017

Ganguan telinga Tinnitus dan Prebiskusis II


                                                       
Oleh sebab itu bagi yang belum usia lanjut dapatlah mempersiapkan diri dengan beberapa cara pencegahan sebagai berikut :

a.       Saat bekerja dengan alat-alat yang menimbulkan suara bising , kita dapat melindungi telinga dengan alat pelindung telinga .
b.      Jangan mendengarkan music dengan suara yang terlalu keras ,terlebih yang , menggunakan earphone.
c.       Jangan menonton TV dengan volume suara yang tinggi.
d.      Kendalikan amarah dengan teriakan-teriakan keras.
e.       Hindari suara-suara gaduh.
f.       Fokus didalam pembicaraan , matikan sumber suara latar lainnya , seperti : suara TV,Radio dll
g.       Arahkan telinga kepada sumber pembicaraan.
h.      Memohon kepada lawan bicara , untuk berbicara dengan jelas, tenang , pendek-pendek , teratur jangan cepat-cepat.
i.        Jangan membersihkan telinga dengan benda runcing dan berbahaya.
j.        Jangan terlalu sering membersihkan telinga .
k.      Secara teratur periksakan telinga , kedokter THT.

Pengobatan

Harus diingat bahwa Prebikusis dan Tinnitus pada tahap lanjut , tidak dapat diobati , atau sulit diobati , tetapi dapat dikurangi dengan Akupuntur dan Akupresur.
Bantuan lain :
1.      Dengan alat bantu dengar.
2.      Latihan membaca bibir .
3.      Implan Koklea (diluar negeri dengan tingkat kesembuhan belum diketahui).

Sudut Akupuntur ( Refresh)

Pengobatan timur menguraikan ganguan pendengaran secara lebih detail , yaitu dimulai dengan gejala panas yang tinggi ,terganggunya Qi Ginjal , Qi Liver dan Qi tiga pembakar (Sanjiao).
Karena pendengaran terganggu , maka keseimbangan juga terganggu inilah yang mengakibatkan Vertigo dan   Dizzisnes (kepusing), mual dan muntah .
-          Fungsi Ginjal dan pola-pola ginjal
-          Fungsi Liver dan Pola-pola liver
-          Pola-pola Sanjiao.

Ginjal
aspek Yin dan Yang , yang merupakan fondasi untuk organ-organ tubuh lainnya.
Oleh karena itu Yin dan Yang ginjal disebut juga sebagai  “ Yin utama “ dan “ Yang Utama” , Yin Ginjal merupakan  fondasi semua energy (Qi) Yin tubuh khususnya : energy (Qi) Lever, Jantung dan Paru-paru , dan Yang Ginjal juga merupakan fondasi semua energy (qi) Yang tubuh khususnya : energy (Qi) Limpa , Paru-paru dan Jantung.

Fungsi ginjal yang terutama :
Menyimpan esensi dan mengatur kelahiran , pertumbuhan , reproduksi dan menghasilkan sumsum untuk otak dan tulang-tulang  ;
-Ginjal mengatur air (cairan)
-Ginjal mengendalikan penerimaan Qi (energy)
-Ginjal berhubungan dengan telinga
-Ginjal hadir didalam rambut
-Ginjal mengendalikan 2 lubang bawah
-Ginjal Menampung power kemauan dan kehendak (semangat)

Dalam hal ginjal berhubungan dengan telinga , adalah ketergantungan telinga dengan esensi , bila ensensinya cukup subur maka ginjal yang sehat akan membuat telinga juga sehat , dapat mendengarkan 5 suara (sempurna) , tetapi bila ginjal lemah , pendengaran akan terganggu , seperti  telinga berdenging.

Didalam pola-pola ginjal yang terutama berhubungan dengan telinga adalah pola kekurangan Yin Ginjal :
Kekurangan Yin ginjal dan esensi ginjal  akan menyebabkan Yin Ginjal tidak dapat menghasilkan sumsum yang cukup untuk mengisi otak , akibatnya pusing , telingan bising , vertigo dan lemah ingatan. 

Pusing dimulai dengan kepusingan ringan dan bising di telinga ,lalu akan bertahap semakin lama semakin berat dan kebisisngan menjadi berdenging, kekurangan Yin ginjal menyebabkan  tubuh kekurangan cairan dan kekeringan berkepanjangan , menyebabkan mulut kering di malam hari, kehausan , sembelit dan air seni gelap.

Perwujudan-perwujudan klinis

Pusing , bising di telinga, vertigo, lemah ingatan , ketulian , keringat malam , mulut kering di malam hari , panas pada telapak tangan , punggung sakit , tulang-tulang sakit , pengeluaran air mani di malam hari , sembelit, air seni gelap , Lidah merah , nadi kosong –mengambang-deras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar