Kamis, 23 Agustus 2018

Hipokalemia 1





Kalium sangat berperan untuk metabolisme tubuh , sekali-kali jangan menyepelekannya , bila anda sering mual-kembung  juga sembelit ditambah lagi baik tangan ataupun kaki sering kesemutan –kebas , maka anda boleh curiga mungkin sekali anda kekurangan kalium.
Kalium termasuk salah satu elektrolit yang penting untuk menunjang fungsi syaraf dan otot , yang berkaitan dengan kerja organ  Liver maupun Limpa , namun kadar kalium didalam tubuh  selalu dikendalikan  oleh organ Ginjal .
Ginjal akan menjaga keeseimbangan kadar kalium didalam tubuh ,bila terjadi kelebihan ,maka kalium akan dibuang melalui keringat dan cairan urin .
Kondisi interaksi kadar Kalium dengan  natrium  dan magnesium ,sangat saling bergantungan . Apabila terjadi kelebihan Natrium ,tubuh akan meningkatkan kebutuhannya akan kalium , sementara kekurangan Magnesium juga mengakibatkan tubuh kekurangan Kalium (Hipokalemia).
Maka dapatlah dimengerti bagi para pecandu alcohol ,penderita AIDS ,penderita ganguan makan bulimia dan anoreksia , adalah orang-orang yang paling beresiko mengalami kekurangan kalium .
Tidak hanya sampai disitu , sesungguhnya yang sangat berbahaya adalah kelemahan otot jantung , ini terjadi karena kekurangan kalium ,selanjutnya kelemahan otot jantung menjurus kepada kelainan irama jantung (Aritmia) dan ganguan jantung lainnya, seperti tersumbatnya saluran , menyempitnya pembuluh jantung dst.

Sekarang kita akan berbicara dengan Bahasa yang lebih medis yaitu :     Hipokalemia !
Inilah kondisi disaat kadar kalium dalam darah berada dibawah batas normal yang dibutuhkan tubuh ! Kondisi normal kadar kalium di dalam darah  adalah   : 3,6-5,2 mmol/L (milimolar per liter) , keadaan kadar kalium dibawah 3,6 , bahkan yang paling terendah adalah 2,5 ,maka ancaman kematianlah yang dapat terjadi pada penderita.

Tetapi tentunya suatu peristiwa kesehatan tubuh selalu disertai dengan gejala-gejala sebagai tanda /alarm bagi manusia untuk cepat tanggap dan melakukan langkah-langkah guna memperbaiki kesehatan tubuhnya.
Inilah gejala-gejala  Hipokalemia  yang perlu diperhatikan :
1.     Mual, kembung ,muntah-muntah
2.     Kurang nafsu makan
3.     Kesemutan ,kebas
4.     Jantung berdebar-debar
5.     Kelelahan ,kram otot tangan & kaki
6.     Sering buang air/kencing- kehausan
7.     Mendadak pingsan karena TDR (tekanan darah rendah)
8.     Kelumpuhan
9.     Sesak napas sampai kegagalan nafas
10.                        Depresi,delirium,halusinasi ,bingung
11.                        Kerusakan jaringan otot
12.                        Kelainan irama jantung
13.                        Penyumbatan /penyempitan pembuluh jantung








Tidak ada komentar:

Posting Komentar